Halaman

Kamis, 17 Januari 2019

Sepi Tangkapan Ikan, Nelayan Gunungkidul Alih Profesi Menajdi Petani

Nelayan yang ada di Pantai Baron, Kabupaten Gunung Kidul
Sepi Tangkapan Ikan, Nelayan Gunungkidul Alih Profesi Menajdi Petani - Sudah beberapa hari terakhir ini tangkapan ikan di pantai selatan Kabupaten Gunungkidul sepi. Hal inilah yang dirasakan oleh puluhan nelayan Pantai Baron, Kecamatan Tanjungsari. Mereka memilih tidak melaut lantaran hasil yang mereka dapat tak sesuai harapan.

Diutarakan oleh Sumardi, Ketua Nelayan Pantai Baron, lesunya hasil tangkapan ikan sudah berlangsung sekitar sepekan terakhir ini. Dari 60-an kapal, sebagian besar memilih untuk parkir dan tidak melaut.

"Sebelumnya masih 40 % nelayan yang aktifitas. Kalau yang hampir semua libur baru 2 hari kemarin. Untuk satu minggu yang lalu, jenis ikan layur ya ada meski sedikit-sedikit," ujar Sumardi, Rabu (17/01/2019).

Demi menghidupi anak istri para nelayan memilih beralih profesi menjadi petani. Sebagian dari mereka juga ada yang merakit jaring agar saat musim ikan mereka telah siap mencari nafkah.
Bahkan demi menjaga agar pasokan ikan tetap terjaga, para pengepul di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Baron harus mendatangkan ikan dari daerah lain seperti Cilacap dan Pantura.


"Memang musimnya pasang surut, tidak bisa ada ikan terus menerus. Kalau untuk jumlah ikan yang didatangkan dari Cilacap dan Pantura saya kurang tahu. Soalnya itu pengepul yang mendatangkan," pungkasnya.

Info Lengkap Terupdate, Trending Topik Bekasi, Berita Bekasi, Informasi Bekasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar