Halaman

Senin, 21 Januari 2019

Berita Bekasi, Informasi Bekasi

Informasi Kota

  • Populasi (2018) 2.431.480
  • Hari Jadi 10 Maret 1997
  • Walikota Rachmat Effendi
  • Provinsi Jawa Barat
  • Situs resmi www.trenibekasi.com
Bekasi adalah sebuah kota di Jawa Barat, Indonesia yang berlokasi di perbatasan timur Jakarta, yang juga merupakan bagian dari Jabodetabek. Perbatasan Bekasi adalah Kabupaten Bekasi di utara, Kabupaten Bogor dan Depok di selatan, Jakarta Timur di barat dan Kabupaten Bekasi di timur. Bekasi merupakan kota terpadat yang ada di Indonesia dan salah satu yang terpadat di dunia.
Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia Nama Bekasi berasal dari kata bagasasiyang artinya sama dengan candrabaga yang tertulis di dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara, yaitu nama sungai yang melewati kota ini Kota ini merupakan bagian dari megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota satelit dengan jumlah penduduk terbanyak se-Indonesia Saat ini Kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri, kota bekasi juga dijuluki sebagai Kota Patriot dan/ Kota Pejuang.

Banyaknya perusahaan multinasional di Bekasi membuat beberapa ekspatriat bermukim di Bekasi, terutama warga Jepang dan Korea. Bekasi memiliki area seluas 210,49 kilometer persegi dan memiliki populasi sebanyak 2.663.011 di tahun 2014. Populasinya yang padat membuat ia hanya kalah dari Bandung untuk populasi terpadat di Jawa Barat. Banyaknya kota satelit menengah yang dibangun di Bekasi, lengkap dengan mall untuk berbelanja, sekolah, taman bermain, dan shuttle bus untuk ke Jakarta membuat kota ini mulai ramai penghuni.

Sejarah Bekasi

Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri, itulah sebutan Bekasi tempo dulu sebagai Ibukota Kerajaan Tarumanagara (358-669). Luas Kerajaan ini mencakup wilayah Bekasi, Sunda Kelapa, Depok, Cibinong, Bogor hingga ke wilayah Sungai Cimanuk di Indramayu. Menurut para ahli sejarah dan fisiologi, letak Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri sebagai Ibukota Tarumanagara adalah di wilayah Bekasi sekarang. Dayeuh Sundasembawa inilah daerah asal Maharaja Tarusbawa (669-723 M) pendiri Kerajaan Sunda dan seterusnya menurunkan Raja-Raja Sunda sampai generasi ke-40 yaitu Ratu Ragumulya (1567-1579 M) Raja Kerajaan Sunda (disebut pula Kerajaan Pajajaran) yang terakhir.

Wilayah Bekasi tercatat sebagai daerah yang banyak memberi informasi tentang keberadaan Tatar Sunda pada masa lampau. Diantaranya dengan ditemukannya empat prasasti yang dikenal dengan nama Prasasti Kebantenan. Keempat prasasti ini merupakan keputusan (piteket) dari Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi, Jayadewa 1482-1521 M) yang ditulis dalam lima lembar lempeng tembaga. Sejak abad ke 5 Masehi pada masa Kerajaan Tarumanagara abad kea 8 Kerajaan Galuh, dan Kerajaan Pajajaran pada abad ke 14, Bekasi menjadi wilayah kekuasaan karena merupakan salah satu daerah strategis, yakni sebagai penghubung antara pelabuhan Sunda Kelapa (Jakarta).


  Treni Bekasi :
Info Lengkap Terupdate, Trending Topik Bekasi, Berita Bekasi, Informasi Bekasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar